Alien, Mitos Internasional
Berita Blog Informasi Laporan

Alien : Mitos Internasional

Alien : Mitos Internasional – Mungkinkah sebagai makhluk yang mengklaim memiliki tingkat kecerdasan tertinggi, manusia merasa tidak seharusnya mengalami kesunyian dan kesendirian di jagad raya ini? Manusia tradisional atau manusia religius memiliki angan-angan tentang sesuatu yang bukan hanya lebih cerdas dari dirinya, melainkan sesuatu yang berkuasa penuh atas alam semesta dan kehidupan ini. Manusia jenis ini memiliki susunan pengetahuan tentang makhluk-makhluk yang menguasai lautan, matahari, yang tinggal di langit ke tujuh, di dasar bumi, atau yang tinggal di pohon besar seperti kuntilanak maupun genderuwo. Sedangkan manusia religius meyakini atau setidaknya mengetahui suatu konsep penciptaan atas segalanya di dunia ini dari ajaran religinya. Dari sana pula mereka dikenalkan pada sosok “Maha” yang disebut dengan Tuhan.

Hampir kebanyakan dari kita, pengetahuan semacam itu kita klasifikasikan sebagai mitos, takhayul, atau dalam bahasa halusnya adalah kearifan lokal dan kepercayaan. Lalu bagaimana dengan nasib manusia modern dalam persoalan eksistensial di alam raya ini. Apakah kita harus percaya bahwa kita kesepian?

Salah satu fenomena yang cukup unik dan aneh, tapi sebetulnya cukup lazim, di zaman modern dimana manusia berdiri gagah di atas dunia sambil mengacungkan pedang intelekual, mengenakan baju sains yang megah dan elegan, yakni merebaknya angan-angan tentang kehidupan di luar atmosfer bumi dan stasiun internasional luar angkasa (International Space Station). Kehidupan luar angkasa, bahkan luar galaksi Bimasakti ini merujuk pada suatu makhluk yang super cerdas, sehingga pesawat kita kalah hebat dengan pesawat mereka. Ada juga yang berpendapat bahwa kita dan mereka atau yang lazim kita sebut sebagai “alien” adalah dua makhluk yang sama-sama sedang saling mencari dan memiliki keinginan yang kuat untuk bertemu dan bertukar pencapaian kehidupan masing-masing. Tetapi, ada juga yang berpendapat agak menakutkan dan membuat kita was-was bahwa akan ada serangan pasukan alien yang akan menguasai bumi, mengambil energi yang ada di planet kita, dan menjadikan kita budaknya seperti tergambar dalam film-film produksi Holywood maupun seperti gambaran sejarah kita empat sampai satu abad yang lalu. Mungkin saja pendapat semacam ini timbul dari pengalaman kita dalam perjalanan sejarah manusia yang salah satunya menghasilkan pengetahuan tentang segala sesuatu yang memiliki kecerdasaan lebih dari yang lain memiliki kecenderungan untuk menguasai dan mengeksploitasi segalanya selain diri mereka sendiri. Sebagai pendapat tentu hal ini sah-sah saja.

Akan tetapi, tentu saja ketiga pendapat di atas belum pernah dapat dibuktikan benar adanya. Bahkan juga belum dapat dibuktikan kalau pendapat itu salah, karena para pemain judi poker di IDN Poker yang menjadi para ahli & ilmuan juga belum menemukan bukti adanya alien, dan agen-agen luar angkasa kita, entah yang manusia atau berbentuk robot canggih belum mendapatkan cukup bahan untuk diolah sehingga menghasilkan kesimpulan tentang alien atau turunannya. Meskipun banyak pihak yang telah meng-klaim memiliki informasi mengenai alien, atau bahkan pernah bertemu alien sampai beberapa pihak lainnya dituduh telah menutupi atau menyembunyikan segala informasi mengenai alien dan turunannya, tetap saja kita belum mendapatkan kepastian tentang tetangga kita di alam raya ini. Dan akhirnya isu panjang tentang alien semakin berlarut-larut dan secara berbanding lurus meningkat pula potensinya untuk menjadi mitos.

Jika demikian, kekayaan khasanah pengetahuan kita tentang per-mitos-an akan memiliki koleksi baru. Tidak sama seperti pengetahuan kita tentang mitos Nyi Roro Kidul, Kuntilanak, Genderuwo, dan sebangsanya yang juga belum terpecahkan, mitos baru tentang alien ini memiliki tingkat cakupan dan prestige tersendiri sebagai mitos internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *